Leap Motion

Ingat film Iron Man, ketika Tony Stark (Robert Downey Jr) mengoperasikan komputernya menggunakan gerakan tangan tanpa menyentuhnya ? Ya pasti ingat apalagi jika anda adalah penggemar film genre Fiksi Ilmiah yaitu suatu bentuk fiksi spekulatif yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan singkatnya masih dalam angan-angan. Mouse dan Keyboard, yap dua perangkat ini tak bisa lepas dari keseharian kita ketika sedang mengoperasikan komputer. Namun seiring berjalannya waktu,dan perkembangan komputer itu sendiri, semakin banyak teknologi yang memudahkan kita dalam berinteraksi dengan gadget, seperti Touch Screen AMOLED yang sekarang ini sedang digandrungi pada perangkat Smartphone dan PC Tablet. Selain itu baru-baru ini, tepatnya pada awal tahun 2012 muncul sebuah perangkat yang di klaim sebagai pengganti dari Mouse dan Keyboard, namanya Leap Motion. Apa sih Leap Motion itu? Gimana awal pengembangannya? dan Bagaimana sih cara kerjanya? 

 

Perna mendengar tentang Kinect ? Kinect adalah platform motion sensor karya Microsoft yang sangat populer di konsol game Xbox. Perangkat ini dapat mendeteksi gerakan pengguna melalui sensor gerak yang tedapat pada kamera. Teknologi Leap Motion memang mirip dengan Kinect, namun Leap Motion jauh lebih canggih dan akurat loh,karena perbedaan metode kerja yang digunakan,bahkan katanya sih diklaim 100x lebih presisi dibanding Kinect nya Microsoft. Leap Motion memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer tanpa menyentuhnya, cukup menggerakan jari di depan sensor Leap Motion.

 

VentureBeat.com ,salah satu blog teknologi ternama mengklaim bahwa kita dapat melakukan presentasi dengan gerakan jari, pindah dari satu slide ke slide lain hanya dengan jentikan jari, buset ! keren gak tuh? serasa kayak yang di Film-film Hollywood.

 

Nah Btw siapa coba yang ngembangin teknologi ini? Leap Motion ini dikembangkan oleh David Holz dan Michael Buckwald. Mereka mengembangkan saudaranya Kinect ini namun diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi.Tujuan mereka adalah menggantikan fungsi Keyboard dan Mouse serta memungkinkan pengguna menjelajahi komputer hanya dengan gerakan jari.

 

Cara kerja Leap Motion adalah dengan menciptakan ruang 4 kaki kubik interaktif yang mampu mendeteksi jari, tangan dan gerakan lengan. David Holz dan Michael Buckwald mengatakan bahwa Leap Motion adalah suatu lompatan teknologi yang menguntungkan bagi sistem komputer dan sistem operasi. Apa yang bisa dilakukan oleh Mouse, Leap Motion dapat lakukan.

 

Leap Motion sudah dapat di pesan secara pre-order mulai dari tanggal 21 Mei lalu, dengan harga sekitar $79 ditambah ongkos kirim $8 atau sekitar 900 ribu yang terdiri atas 1 Buah Controller, 2 USB dan hak akses untuk mencoba aplikasi di Leap's Airspace  

 

Berikut ini Video demo menggunakan Leap Motion :

Link Pendidikan

Contact

Hubungi Kami

Lokasi SMK TI BulukumbaJln. Melati Kelurahan Caile
      Kecamatan Ujungbulu Bulukumba
      Sulawesi Selatan 92512 

  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +62-413-83540