Tunjangan Profesi Guru

Pada bulan juni 2013 ini seharusnya para guru sudah menikmati haknya yaitu dana sertifikasi Tunjangan Profesi Guru triwulan kesatu yang menurut Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia akan cair pada tanggal 9-16 April 2013 tetapi hingga sekarang ini masih banyak Guru yang sudah sertifikasi di daerah belum menerima tunjangan tersebut.

 

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, menyampaikan, mulai tahun 2013 pembayaran tunjangan profesi guru bukan PNS, pengawas jenjang pendidikan dasar, dan guru pendidikan luar biasa (PLB) adalah melalui Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) terkait. Untuk guru PNS daerah dan pengawas jenjang pendidikan menengah dibayarkan melalui kabupaten/kota (sistem transfer daerah).

 

Adapun mengenai keterlambatan pembayaran, kata Ibnu, terjadi karena beberapa hal. Pertama, karena data guru penerima tunjangan profesi melalui Dapodik sampai bulan April 2013 belum lengkap. Kedua, DIPA tunjangan guru tahun anggaran 2013 baru cair pada April 2013. “Kami  sudah mencetak semua SK tunjangan profesi tahun 2013 bagi guru yang berhak menerima,” katanya.

 

“Khusus jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) pembayaran tunjangan profesi berdasarkan Data Pokok Pendidik (Dapodik), dimana guru dapat secara langsung mengisi data individu secara online,” kata Ibnu.

 

Untuk guru PNS daerah, Kementerian Keuangan sudah mengalokasikan dan menyalurkan dana tunjangan profesi berdasarkan data yang berhak menerima. Ia mengatakan, jika ada guru yang belum menerima tunjangan profesi sesuai SK terbit, maka permasalahannya ada pada dinas pendidikan kabupaten/kota yang sudah menerima semua dana tunjangan profesi.

Link Pendidikan

Contact

Hubungi Kami

Lokasi SMK TI BulukumbaJln. Melati Kelurahan Caile
      Kecamatan Ujungbulu Bulukumba
      Sulawesi Selatan 92512 

  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +62-413-83540