Siswa SD Indonesia perbatasan

Beberapa warga negara Indonesia yang kebetulan bekerja diluar negeri, baik secara perorangan/swasta maupun karena mengemban tugas kenegaraan seperti tugas diplomatik menyekolahkan anak-anak mereka disekolah-sekolah diluar negeri tempat dimana mereka bertugas yang tentu saja sistem pendidikannya berbeda dengan sistem pendidikan yang diterapkan di negara kita. Dan ada pula orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka disekolah yang menerapkan sistem pendidikan yang berbeda dengan yang ditetapkan oleh Kemendikbud meskipun sekolah tersebut berada dinegara Indonesia. Setelah menyelesaikan sekolah tersebut, tentu saja mereka akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau untuk keperluan administrasi lainnya seperti mencari pekerjaan.

 

Jika mereka masih melanjutkan disekolah luar negeri dengan sistem yang sama dengan jenjang sebelumnya barangkali tidak masalah. Tetapi jika mereka melanjutkan kesekolah didalam negeri yang menerapkan sistem pendidikan nasional, mereka yang memiliki dokumen hasil belajar seperti rapor / ijazah / diploma / sertifikat / STTB / transkrip dari sistem pendidikan asing memerlukan penilaian untuk penyetaraan jenjang dan jenis pendidikan yang sesuai dengan sistem pendidikan nasional Indonesia. Untuk itu, Kemendikbud menyelenggarakan program penyetaraan ijazah sekolah dasar yang dapat dilakukan secara on line.


Prosedur Penyetaraan

  1. Mengisi formulir permohonan elektronik yang disediakan melalui aplikasi yang disediakan di Portal Kemdiknas.
  2. Unggah (Upload ) berkas-berkas (elektronik) lampiran permohonan hasil pemindaian (scanning) dokumen aslinya.
  3. Kirim (submit) isian permohonan apabila sudah dianggap lengkap.
  4. Cetak/simpan tanda terima permohonan.
  5. Menunjukkan dokumen asli dari berkas-berkas lampiran (elektronik) yang telah diunggah pada saat pengiriman permohonan dengan datang ke Sekretariat Tim Penilai yang beralamat di: Sub-bag Kerja Sama, Bagian Hukum Dan Kepegawaian Sekretariat Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar Gedung E lantai 14 Kantor Kemdiknas Jl. Jenderal Sudirman Jakarta
  6. Memantau status pemrosesan permohonan melalui Portal Kemdiknas dengan memasukkan nomor pendaftaran dan ”password” sesuai yang tertera di Tanda Terima Permohonan sebagai kunci akses
  7. Apabila SK Penyetaraan ijazah sudah dikeluarkan, dokumen SK dapat diambil secara langsung ke Sekretariat Tim Penilai dan salinan elektroniknya dapat diunduh (di-download) melalui Portal Kemdiknas. Persyaratan Dokumen Untuk Penyetaraan Ijazah
  8. Persyaratan dokumen lampiran pada saat pengajuan permohonan melalui Portal.

Persyaratan Penyetaraan Ijazah dari Sekolah Asing di Luar Negeri

  • Pasfoto pemohon ukuran 4x6 (*)
  • Paspor (*)
  • Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat dan atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia/ Surat Keterangan Dari Sekolah Asal (*)
  • Ijazah/Diploma/Sertifikat (apabila penyelenggara pendidikan mengeluarkan ijazah) (*)
  • Transkrip Nilai (*)
  • Struktur Program kurikulum. Scan dokumen ini tidak diperlukan apabila penyelenggara pendidikan (sekolah asal) menyediakan dokumen ini di website resminya (*)
  • Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir (*)
  • Rapor kelas 1, 2, dan 3 untuk jenjang SMP, SMA, SMK (khusus bagi pemohon penyetaraan ijazah tingkat SD cukup rapor 3 tahun terakhir) (*)
    Keterangan : (*) Scan berwarna

Persyaratan Penyetaraan Ijazah dari Sekolah Asing di Dalam Negeri

  • Pasfoto pemohon ukuran 4x6 (*)
  • Surat Ijin Belajar WNI yang dikeluarkan oleh Ditjen Mandikdas (*)
  • Ijazah/Diploma/Sertifikat (*)
  • Transkrip Nilai (*)
  • Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir (*)
  • Rapor kelas 1, 2, dan 3 untuk jenjang SMP, SMA, SMK (khusus bagi pemohon penyetaraan ijazah tingkat SD cukup rapor 3 tahun terakhir) (*)
    Keterangan : (*) Scan berwarna

Persyaratan dokumen pada saat menunjukkan dokumen asli di Sekretariat

  • Tanda terima permohonan
  • Identitas diri yang berupa Paspor bagi pemohon penyetaraan ijazah dari sekolah asing di luar negeri atau Surat Ijin Belajar WNI yang dikeluarkan oleh Ditjen Mandikdas bagi pemohon penyetaraan ijazah dari sekolah asing di dalam negeri
  • Dokumen asli Ijazah/Diploma/Sertifikat (apabila penyelenggara pendidikan mengeluarkan ijazah)
  • Dokumen asli Transkrip Nilai
  • Struktur Program Kurikulum (apabila tidak tersedia di laman resmi sekolah asal)
  • Dokumen asli Akta Kelahiran
  • Dokumen asli Rapor jenjang pendidikan terakhir (khusus bagi pemohon penyetaraan ijazah tingkat SD cukup rapor 3 tahun terakhir)

Link Pendidikan

Contact

Hubungi Kami

Lokasi SMK TI BulukumbaJln. Melati Kelurahan Caile
      Kecamatan Ujungbulu Bulukumba
      Sulawesi Selatan 92512 

  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +62-413-83540